Insiden Crazy Eight, Inspirasi dari film unstopable

Tragedi Crazy Eight ‌adalah tragedi yang melibatkan kereta api milik csx transportation di U.S Ohio.pada tanggal 15 Mei 2001, Lokomotif milik Csx berjenis EMD SD40-2 bernomor 8888 menarik  rangkaian dengan total 47 gerbong yang beberapa diantaranya mengandung bahan kimia berbahaya melaju lepas kendali tanpa masinis selama dua jam dengan kecepatan 82Km/H. Untungnya kereta ini dapat di hentikan oleh teknisi dengan menggunakan lokomotif lain dengan cara menggandeng nya pada rangkaian belakang dan menyalakan rem independen gerbong. Pada tahun 2018 Csx 8888 masih berdinas dan telah di upgrade menjadi SD40-3 dan sekarang menyandang nomor 4389.
Hasil gambar untuk csx8888










pict1 : lokomotif EMD SD40-2 CSX8888

Kronologi :
15 Mei 2001, Lokomotif milik Csx berjenis EMD SD40-2 bernomor 8888 menarik 47 gerbong dengan 22 gerbong tersisi dan 2 diantaranya mengangkut ribuan gallon molten phenol , yang merupakan bahan kimia beracun dan berbahaya biasanya digunakan pada cat dan lem. Rangkaian sedang melakukan kegiatan langsiran di stanley yard Walbridge,Ohio. Petugas langsir yang namanya tidak disebutkan melihat salah satu wesel dalam kondisi tidak terlayan, dia akhirnya berencana untuk melompat keluar dari lokomotif untuk membetulkan arah wesel dan menaiki kembali lokomotif. Sebelum melompat keluar masinis menyalakan rem independen lokomotif dan rem udara rangkaian, yang secara normal akan memicu rem pada setiap gerbong,sayang nya kondisi selang rem udara pada gerbong tidak terpasang sehingga rem rangkaian menjaadi tidak berfungsi. Yang membuat lebih parah lagi dengan menyalanya rem independen mematikan fungsi dari  dead man's switch  yang seharusnya dapat mematikan matikan mesin dan menyalakan rem, dan posisi Throtle lokomotif pada posisi full atau Throtle 8, Akhirnya lokomotif pun berjalan dengan tenaga penuh dan mulai berakselerasi hanya dengan rem independen yang tidak mampu menahan tenaga dari mesin.
Setelah masinis keluar dari lokomotif dan memindah wesel lokomotif berakseerasi sehingga dia tidak dapat kembali ke lokomotif dan terseret sejauh 24m dengan menderita luka lecet ringan. Akhirnya kereta pun keluar dari yard dan memulai perjalanan sejauh 105km tanpa ada masinis.
Gambar terkait


Untuk menghentikan kereta ini pihak csx menggunakan derailer portable namun gagal. Polisi juga berusahan untuk menembaki tombol darurat di samping lokomotif yang berguna untuk memutus pasokan bahan bakar pada mesin namun juga gagal karena tombol harus di tahan lama sebelum mesin mati akibat kehabisan bahan bakar
.

pict2: Train derailer 

Di sebelah utara kereta api lain dengan nomor perjalanan Q636-15 yang diawaki oleh 2 orang : Jess Knowlton sebagai masinis dan Terry L. Forson sebagai kondektur diarahkan menuju jalur belok
 dan masinis memutus lokomotif CSX8392 (EMD SD40-2 lainya) dan mengejar kereta api 8888 yang lepas kendali dari belakang, dan jauh di depan juga di sediakan lokomotif CSX6008 EMD GP38 digunakan untuk memperlambat kereta yang lepas kendali dari depan jika diperlukan.

Akhirnya lokomotif CSX8392 berhasil menggandeng gerbong belakang dari kereta yang Lepas kendali dan mengaplikasikan rem independen lokomotif dan rem independen manual pada setiap gerbong. Ketika kecepatan kereta menurun menjadi 18km/h CSX trainmaster Jon Hofeld melompat ke lokomotif CSX8888 dan mematikan mesin lokomotif. Akhirnya kereta ini dapat berhenti di tenggara Kenton, Ohio sebelum mencapai lokomotif CSX6008. Kondisi semua rem lokomotif dari CSX8888 sudah dalam kondisi hancur karena sudah melaju lama dalam kondisi rem terikat.
Beberapa museum mencoba untuk membeli CSX8888 tapi tidak di jual oleh CSX Tranportation dan akhirnya CSX8888 di rebulit menjadi EMD SD40-3 di tahun 2014 dan sekarang sudah berganti nomor menjadi CSX4389.





Hasil gambar untuk CSX4389
pict3 CSX8888 yang telah di rebulit menjadi EMD SD40-3
Insiden ini akhirnya di angkat menjadi film layar lebar pada tahun 2010 dengan bebetapa perubahan


Hasil gambar untuk avvr train
pict4 lokomotif fiktif AVVR777 yang berperan sebagai CSX8888 pada film Unstopabe





              Hasil gambar untuk avvr train


Sumber wikipedia, Google

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Recomendasi manga slice of life

welcome to my blog